Langsung ke konten utama

Perkembangan Komputer

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.


Spesifikasi:
Bobot 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M, daya listrik 174 kilowatts.
Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk sirkuitnya.
Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk.
Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.


Kelebihan:
Memotivasi para ilmuwan untuk menciptakan komputer terbaik
Memicu perkembangan pabrik pembuat komputer


Kekurangan:
Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
Prosesnya kurang cepat.
Penyimpanan kecil.
Membutuhkan daya listrik yang besar.
 


Komputer Generasi Kedua (1959-1964)



Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Transistor mulai dipakai dalam teknologi komputer dimulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih bisa diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulu sebelumnya. Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah supercomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah data yang besar, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin komputer LARC itu sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.


Spesifikasi:
Memiliki komponen-komponen yang dapat disamakan dengan komputer pada saat ini : printer, memory, sistem operasi, penyimpanan dalam disket, dan program.
komputer ini sepenuhnya menggunakan transistor.


Kelebihan:

Dapat menangani sejumlah data yang besar
Mempunyai kemampuan real-time dan times sharing
Ukurannya lebih kecil dari generasi pertama
Membutuhkan listrik yang lebih sedikit dari generasi pertama
Menghasilkan panas yang lebih sedikit dari generasi pertama
Biaya yang dikeluarkan lebih murah dari generasi pertama
Berorientasi bisnis dan teknik
Dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, dan ALGOL.
 

Kekurangan:
Memerlukan ruangan yang luas, walaupun sudah lebih kecil dari generasi pertama
Cepat panas, walaupun sudah berkurang dari generasi pertama
Memroses data lambat
Kapasitas penyimpanan kecil
Memerlukan daya listrik yang besar, walaupun sudah lebih sedikit dari generasi pertama



Komputer generasi ketiga (1964-1970)





Intergrated Circuit (lebih dikenali sebagai IC) merupakan satu rangkaian litar elektronik lengkap dalam satu cip silikon yang kecil. Ia mula digunakan pada tahun 1965. Satu IC mampu menggantikan satu papan litar yang penuh dipasang dengan transistor-transistor, di mana IC tersebut lebih kecil saiznya daripada transistor tersebut.
Chip IC mempunyai kelebihan berbanding dengan transistor, antaranya termasuk kos yang rendah dalam pembuatan cip IC tersebut, penggunaan teraga yang rendah, kepadatan cip IC tersebut (mengurangkan masa pengaliran elektrik dalam cip tersebut), dan kecekapan cip IC berbanding transistor. Penyelidikan mikroelektronik yang pesat berjaya menghaluskan transistor kepada saiz mikroskopik. Beberapa ratus ribu transistor ini dapat dipadatkan ke dalam kepingan segiempat silikon melalui proses yang dipanggil pengamiran skala besar (large scale integration, LSI), untuk menghasilkan litar terkamir atau lebih dikenali dengan panggilan cip.


Spesifikasi:
Chip mulai menggantikan transistor sebagai bahan logik komputer. Saiz cip yang kecil menjadikannya popular digunkan dalam kebanyakan alat elektronik dan harganya jauh lebih murah berbanding dengan komponen elektronik yang lain.
Jenis terkecil dalam famili komputer, mikrokomputer muncul dalam generasi ini. Mikrokomputer menjadi lebih cepat popular seperti jenama Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair. Mikrokomputer didapati amat praktikal kepada semua peringkat masyarakat kerana ukurannya lebih kecil, harga yang murah dan kebolehannya berfungsi bersendirian. Sebuah mikrokomputer berupaya mengatasi komputer ENIAC dalam menjalankan sesuatu tugas.
Banyak bahasa pengaturcaraan muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer dibekalkan dengan pentafsir bahasa secara bina-dalam di dalam cip ROM untuk membolehkan bahasa BASIC digunakan. Ini menjadikan BASIC bahasa pengaturcaraan yang paling popular pada mikrokomputer.
 

Kelebihan:
Kecepatan proses data lebih cepat dari generasi sebelumnya
Membutuhkan listrik yang lebih sedikit dari generasi sebelumnya
Dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter
Telah dapat menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetic disk
Dapat menjalankan program secara serentak
 

Kelemahan:
Ukuran fisiknya masih besar
Pemakaian rumit
Bagian dalam/sirkuitnya masih berukuran besar
Menghasilkan panas yang berlebihan seperti pada komputer generasi sebelumnya

 

Komputer Generasi Keempat (1970-1990)




Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Di samping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard. Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.
 

Spesifikasi:
IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, di samping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat, komputer ini menjadi sangat popular.

Kelebihan:
menggunakan microprocessor yang merupakan pemadatan ribuan IC dalam sebuah Chip.


kekurangan:
komputer generasi ini masih menggunakan 1 warna (green color)



Komputer Generasi kelima (1990 - sekarang)



Generasi kelima dalam siri evolusi komputer mungkin belum terwujud dan ia merupakan komputer impian masa depan. Bentuk komputer generasi kelima adalah lebih kompleks yang nantinya diharapkan mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Komputer generasi ini juga mempunyai ingatan yang amat besar supaya membolehkannya menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia. Komputer impian ini dijangka mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.
Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.


Kelebihan:
lebih canggih
lebih praktis
lebih fungsional
lebih cepat
lebih besar kapasitas memorinya
 

Kekurangan:
harga mahal
manusia kehilangan eksistensinya, karena semakin canggihnya teknologi yang membuat manusia malas berpikir



Sumber:
https://d3171s.wordpress.com/2011/03/04/sejarah-komputer-generasi-iii-1964-1970/
http://madusama.blogspot.co.id/2011/09/komputer-generasi-kedua-1959-1965.html
https://fauzanmaverick.wordpress.com/2010/08/15/sejarah-komputer-dari-generasi-pertama-hingga-sekarang/
http://hermawayne.blogspot.co.id/2011/04/5-generasi-dalam-sejarah-komputer.html
http://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/kelebihan-dan-kekurangan-komputer-generasi-pertama
http://daruadityaa.blogspot.co.id/2013/03/ciri-ciri-komputer-generasi-kedua.html
https://tscmuzi.wordpress.com/2013/09/30/kelebihan-dan-kelemahan-dari-masing-masing-evolusi-kinerja-komputer/
http://technologic-cyber.blogspot.co.id/2015/11/komputer-generasi-keempat.html










 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modals and Passive Voice in Articles

Modals in The Article: Passive Voice in The Article:

Present Tense (My Daily Activity) & Past Tense (My Unforgettable Moment)

1. Daily Acivity I wake up at 05:00 in the morning every day using an alarm . Then, I brush my teeth and wudoo’ . S      V1                                                        O                                         S     V1                   O                        After that, I do fajr prayer and I   read some Quran verses because I am Muslim . Next, I look at my                   S   V1       O                S  V1                      O                                                           S   V1 cellphone to agree that there was important information .                                            O I take a shower at 07:00 . Followed by I makes a breakfast . I make bread for me and my little brother . S          V1                  O                             S       V1             O       S    V1                 O I finish breakfast at 08:00 . I go to campus at 09:00 . S    V1                      O           S V1            

Fungsi Keluarga Bagi Pembentukan Karakter Anak

Definisi keluarga secara bahasa yaitu unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak serta dalam pembentukan karekter anak. Orangtua yang cerdas akan menghasilkan anak yang cerdas pula, oleh karena itu keluarga terutama orangtua sangatlah berpengaruh untuk pembentukan karakter anak mulai dari bayi hingga ia dewasa. Pembentukan karakter anak akan banyak terjadi didalam rumah dimana anak sedang bersama keluarga. Dalam satu keluarga harus ada waktu untuk berkumpul bersama, minimal satu minggu sekali agar komunikasi terjalin akrab. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak. Dalam suatu karakter anak pasti telah meniru perilaku anggota keluarga yang ia lihat, maka sebagai orangtua/keluarga haruslah memberi contoh yang baik untuk anak. Apabila ada karakter ata